Minggu, 29 Maret 2009

Penggunaan Teknik Bertanya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Konsepsi Peserta Didik tentang Konsep Dinamika Gerak Lurus

Abstraksi

 

Supriyanto, Edi. 2008. Penggunaan Teknik Bertanya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Konsepsi Peserta Didik tentang Konsep Dinamika Gerak Lurus. PTK bagi Guru SMA. Pembimbing: Syafrizal, M. Pd.

 

Penjelasan mengenai konsep-konsep fisika, penyelesaian soal, praktik dengan alat-alat fisika, dan banyak kegiatan lainnya, seringkali tidak dapat dipahami dan tidak meningkatkan kompetensi peserta didik, karena peserta didik tidak dapat mengikuti jalan pikiran pendidik. Jaminan utama peserta didik memahami prinsip atau teori dalam menyelesaikan masalah adalah jalan pikiran kita harus sesuai dengan prosedur berpikir dari konsep yang kita ajarkan dan harus dapat diikuti oleh peserta didik. Agar langkah-langkah berpikir analisis yang dilakukan pendidik tampak jelas, dapat dimengerti dan diikuti oleh peserta didik, perlu dicarikan strategi atau teknik tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran.

Penggunaan teknik bertanya dalam pembelajaran fisika dianggap sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis, karena untuk dapat berpikir analisis diperlukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali informasi sedalam-dalamnya. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir analsis dan memantapkan konsepsi dinamika gerak lurus dalam pembelajaran fisika penulis menggunakan teknik bertanya yang dituangkan dalam bentuk penelitian tindakan kelas.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) menelaah bagaimana pola penggunaan teknik bertanya dalam pembelajaran dinamika gerak lurus, 2) membantu meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan konsepsi peserta didik tentang  dinamika gerak lurus 3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan teknik bertanya dalam pembelajaran dinamika gerak lurus, 4) mengetahui peran teknik bertanya dalam membangun pengetahuan peserta didik, termasuk kekurangan dan kelebihannya, dan 5) sebagai upaya mencari alternatif lain dalam menerapkan teknik mengajar fisika sehingga peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri.

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Pandeglang dengan subyek penelitian kelas X3. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu pada bulan Juli s.d. Oktober 2008 yang terbagi menjadi dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan tindakan dan 1 pertemuan tes akhir tindakan. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan analisis, serta refleksi.

Data penelitian ini dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai tugas, dan tes setiap akhir  siklus, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara, lembar pengamatan melalui angket, photo dan video kegiatan pembelajaran. Indikator keberhasilannya digunakan criteria ketuntasan minimal sebesar 60%.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan peserta didik untuk berpikir analisis dan konsepsi tentang dinamika gerak lurus. Namun penggunaan teknik bertanya dalam pembelajaran dinamika gerak lurus ini belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir analisis dan konsepsi peserta didik secara keseluruhan dan baru 75% yang dinyatakan lulus. Aktivitas peserta didik dalam bertanya mengalami peningkatan sebesar 19,5%. Peran serta peserta didik dalam menjawab atau menanggapi pertanyaan juga mengalami peningkatan sebesar 15,00%. Etika, minat, sikap ilmiah, dan kemampuan unjuk kerja peserta didik secara keseluruhan mengalami peningkatan dan bersifat positif. Itu semua sejalan dengan hasil wawancara antara pendidik dan peserta didik yang diketahui bahwa sebagian besar peserta didik bergembira dan menyukai penggunaan teknik bertanya. Disarankan kepada pendidik untuk memberikan pertanyaan dengan singkat, jelas, dan memberikan kesempatan berpikir bagi peserta didik, memberikan pertanyaan yang dapat menimbulkan konflik kognitif, memberikan rangkaian pertanyaan untuk menyelidiki kasus-kasus tertentu, dan mempersiapkan pertanyaan dan kemungkinan jawaban terlebih dahulu sebelum pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci: Teknik Bertanya, Berpikir Analisis, Konsepsi, Dinamika Gerak Lurus 

2 komentar:

  1. salam

    pak punya literatur ttg pembelajaran berbantuan/berbasis multimedia???

    wasalam

    BalasHapus
  2. Ada, tapi belum sempat upload...

    BalasHapus